17 Jun 2013

Tips Berkendara Untuk Wanita

Mengendarai motor sangat pratis untuk menjangkau tempat tujuan yang tidak terlalu jauh. Selain pratis, mengendari sepeda motor dapat mengantisipasi macet dengan mudah. Dijaman sekarang berkendara motor tidak didominasi kaum laki-laki saja namun banyak wanita yang pandai mengendarai. Karena semakin hari motor didesain semakin mudah untuk di kendarai, sehingga banyak pengendara-pengendara baru yang tidak memiliki surat ijin mengemudi khusus sepeda motor atau biasa disebut SIM C.  

Jika seseorang memiliki SIM C secara tidak langsung sudah mengetahui tatacara berkendara yang baik, mengerti berbagai macam tanda rambu-rambu. Safety riding atau berkendara tatacara berkendara dengan aman harus di kuasai bagi setiap orang yang mengendarai sepeda motor. Tingginya angka kecelakaan kendaran bermotor di karenakan para pengguna sepeda motor kurang memahami tatacara berkendara dengan aman, terutama bagi wanita yang sering menggunakan sepeda motor sendiri. Dan berikut kami berikan tips berkendara untuk wanita.

Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi sehat dan nyaman
Apapun jenis sepeda yang dipilih, jauh lebih penting jika kita merasa nyaman dengan motor tersebut. Kedengarannya cukup mudah, namun banyak wanita yang mengacuhkan saran ini dan merasa wajar kendati mereka merasa aneh dengan pilihan motornya. Memiliki motor yang sesuai dengan postur tubuh akan membuat rasa percaya diri saat berkendara di jalan raya. Jujur kepada diri sendiri soal pemilihan motor ini akan menjadi sangat penting. Jangan sering-sering bergonta-ganti motor jika terpaksa berganti-ganti motor usahakan untuk mengenali motor tersebut dengan bertanya kepada orang yang terbiasa dengan motor tersebut.

Berpakaian Yang Nyaman dan Aman
Jangan sampai lupa ketika berbelanja  busana diskon atau obral, pastikan bahwa pakaian tersebut nyaman dan aman digunakan baik saat berada di atas motor maupun sewaktu tidak membesut motor. Apapun pakaiannya akan terasa sangat berbeda saat ketika digunakan saat berkendara.

Tingkatkan Keahlian Berkendara
Menambah ilmu dan wawasan dengan mengambil kursus berkendara . Meskipun sudah merasa  mahir mengendarai sepeda motor, bukan berarti mengerti tata cara berkendara yang aman dan nyaman. Pelajari juga cara berkendara di jalur off-road agar kemampuan semakin bertambah saat terjebak dalam situasi yang mengharuskan  keluar dari aspal. Melakukan sharing dengan rekan-rekan lain yang lebih berpengalaman

Posisi Tas

Bawa perlengkapan secukupnya untuk mengurangi beban kita saat berkendara. Jauhi menggunakan tas samping atau selempang, jika menggunakan tas samping jangan menaruhnya di kanan atau dikiri dan jangan sekali-kali berada di balik badan. Selalu  taruh tas anda didepan anda. Bahan Tas juga harus diperhitungkan, akan lebih aman jika anda menggunkan tas rangsel selain kokoh tas ransel lebih aman.  Tas sadel, tas tangki dan bagasi merupakan aksesoris yang berguna, namun jangan membawa barang terlalu banyak. Posisi tas yang berada di samping kanan atau di belakang pada tas selempang mampu mengundang tangan-tangan jail untuk merebut tas.

Tahu Arah dan Tujuan
Kita mungkin tahu kemana akan pergi, namun, sesekali melihat rute dan peta sangat sarankan. Tujuannya agar Anda paham dan mengetahui kondisi dan situasi jalur yang akan Anda lewati. Menambah pengetahuan lewat laporan cuaca juga akan sangat membantu. Cari informasi tentang keamanan jalan yang akan lewati, jika terpaksa berjalan pada malam hari pastikan untuk tidak sendirian.

Beristirahatlah
Ketahui batasan diri kemampuan fisik diri sendiri. Sebagian wanita mungkin merasa masih nyaman walau telah berkendara selama beberapa jam. Namun sebagian lagi pasti sudah merasa lelah. Beristirahatlah sejenak, teguk secangkir kopi atau air putih, pelajari peta dan kembali riding, pilih tempat-tempat berhenti seperti statiun pengisian bahan bakar, tempat ibadah dll.

Percaya Diri
Tingkatkan rasa percaya diri saat berada berkendara, baik itu berkendara seorang diri atau dalam sebuah grup, dongkrak rasa percaya diri Anda dengan menerapkan beberapa langkah di atas.

Fokus
Usahakan untuk selalu fokus namun tetap rilexs. Kecepatan respon saat bekendara sangat penting untuk menghindari hal-hal yang bersifat mendadak. Jika pikiran kurang fokus behentilah sejenak pada tempat yang aman.
Tips Berkendara untuk wanita



Bahagia itu menerima kondisi yang sekarang dan menikmatinya tanpa mengeluh, Sederhana , Tukang Solder, Penggemar Linux , mulai merealisasikan mimpi dan ide, twitter @whlope.

0 suaramu:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2013 coretanku.